Rabu, 04 November 2015

Sumber Daya Manusia Terhadap Wirausaha

Dalam wirausaha hal terpenting adalah karyawan. Karyawan sebagai sumber daya manusia merupakan aset yang paling penting bagi perusahaan. Mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan merupakan kunci utama bagi kesuksesan bisnis perusahaan. Manajemen Perekrutan (Recruitment management) adalah salah satu proses dalam Administrasi Personalia (Personnel Administration) pada departemen Human Resource Development (HRD) yang mendukung para pengambil keputusan dalam menentukan sumber daya manusia yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
Ada 7 kiat sukses berwirausaha :
1. Menata: Memiliki kemampuan untuk menata diri dan juga orang lain.
2. Akurat: Memiliki keakuratan sehingga dapat menjalani bisnis dengan lancar.
3. Tujuan : Setiap jiwa tentu memiliki tujuan tertentu. Untuk menjadi pebisnis yang sukses, dia pun mesti menancapkan tujuan dengan jelas dan dibarengi dengan sebuah tindakan nyata.

4. Berani : Berani bersikap, berani bertanggung jawab, dan berani menerabas segala risiko.
5. Efektif : Berpikir dan bertindaklah secara efektif. Orang yang berbuat dengan satu pemikiran yang kuat akan berhasil.
6. Konsisten : Dunia bisnis penuh dengan gejolak, namun Anda perlu konsisten dengan passion bisnis yang Anda pilih. Meski terkadang pasang surut alias fluktuatif, tapi Anda tetap bertahan dengan “passion” Anda tersebut dan tidak mudah dipengaruhi atau terombang ambing orang lain.
7. Cepat : Cepat mengambil keputusan, lugas dan trengginas.

Alur Proses wirausaha perusahaan
Proses-proses yang terdapat di sistem Manajemen Perekrutan mulai dari perencanaan kebutuhan tenaga kerja hingga penerimaan karyawan baru adalah sebagai berikut:
1. Alur Proses Manajemen Perekrutan
Proses bisnis Manajemen Perekrutan menjelaskan mengenai proses pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, mulai dari perencanaan kebutuhan tenaga kerja (man power planning), pendataan dan penyeleksian pelamar hingga penempatan kandidat tersebut ke unit yang membutuhkan.

2. Pendataan pelamar meliputi :
• data pelamar (personal data)
• data aplikasi (application data)
• data tambahan/additional
• data (pendidikan/education, riwayat pekerjaan/work experiences, kualifikasi/qualification, dan lain-lain)
• hingga penilaian (appraisal) pelamar.

3. Proses-proses dalam recruitment management terdiri atas:
• Perencanaan kebutuhan tenaga kerja untuk suatu periode tertentu.
• Pembuatan lowongan kerja.
• Seleksi pelamar eksternal.
• Perpanjangan kontrak karyawan subkontrak dan karyawan percobaan.
• Seleksi pelamar internal.
4. Menerima pegawai atai karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan untuk mempersolid waktu dan kinerja para pegawai.


Sumber: https://grafityindonesia.wordpress.com/2012/11/12/%EF%BB%BFsumber-daya-manusia-terhadap-wirausaha-dalam-perencanaan-dan-perekrutan-tenaga-kerja/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar