Dalam wirausaha hal
terpenting adalah karyawan. Karyawan sebagai sumber daya manusia merupakan aset
yang paling penting bagi perusahaan. Mendapatkan karyawan yang sesuai dengan
kriteria yang diharapkan merupakan kunci utama bagi kesuksesan bisnis
perusahaan. Manajemen Perekrutan (Recruitment management) adalah salah satu
proses dalam Administrasi Personalia (Personnel Administration) pada departemen
Human Resource Development (HRD) yang mendukung para pengambil keputusan dalam
menentukan sumber daya manusia yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tenaga
kerja.
Ada 7 kiat sukses
berwirausaha :
1. Menata: Memiliki
kemampuan untuk menata diri dan juga orang lain.
2. Akurat: Memiliki
keakuratan sehingga dapat menjalani bisnis dengan lancar.
3. Tujuan : Setiap
jiwa tentu memiliki tujuan tertentu. Untuk menjadi pebisnis yang sukses, dia
pun mesti menancapkan tujuan dengan jelas dan dibarengi dengan sebuah tindakan
nyata.
4. Berani : Berani
bersikap, berani bertanggung jawab, dan berani menerabas segala risiko.
5. Efektif :
Berpikir dan bertindaklah secara efektif. Orang yang berbuat dengan satu
pemikiran yang kuat akan berhasil.
6. Konsisten :
Dunia bisnis penuh dengan gejolak, namun Anda perlu konsisten dengan passion
bisnis yang Anda pilih. Meski terkadang pasang surut alias fluktuatif, tapi
Anda tetap bertahan dengan “passion” Anda tersebut dan tidak mudah dipengaruhi
atau terombang ambing orang lain.
7. Cepat : Cepat
mengambil keputusan, lugas dan trengginas.
Alur Proses
wirausaha perusahaan
Proses-proses yang
terdapat di sistem Manajemen Perekrutan mulai dari perencanaan kebutuhan tenaga
kerja hingga penerimaan karyawan baru adalah sebagai berikut:
1. Alur Proses
Manajemen Perekrutan
Proses bisnis
Manajemen Perekrutan menjelaskan mengenai proses pemenuhan kebutuhan tenaga
kerja, mulai dari perencanaan kebutuhan tenaga kerja (man power planning),
pendataan dan penyeleksian pelamar hingga penempatan kandidat tersebut ke unit
yang membutuhkan.
2. Pendataan pelamar
meliputi :
• data pelamar
(personal data)
• data aplikasi
(application data)
• data
tambahan/additional
• data
(pendidikan/education, riwayat pekerjaan/work experiences,
kualifikasi/qualification, dan lain-lain)
• hingga penilaian
(appraisal) pelamar.
3. Proses-proses
dalam recruitment management terdiri atas:
• Perencanaan
kebutuhan tenaga kerja untuk suatu periode tertentu.
• Pembuatan
lowongan kerja.
• Seleksi pelamar
eksternal.
• Perpanjangan
kontrak karyawan subkontrak dan karyawan percobaan.
• Seleksi pelamar
internal.
4. Menerima pegawai
atai karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan untuk mempersolid waktu dan kinerja
para pegawai.
Sumber: https://grafityindonesia.wordpress.com/2012/11/12/%EF%BB%BFsumber-daya-manusia-terhadap-wirausaha-dalam-perencanaan-dan-perekrutan-tenaga-kerja/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar